7 Hantu terpopuler di indonesia

Berbicara tentang hantu setiap orang pasti kenal dengan mahluk gaib yang satu ini. berikut 7 hantu terpopuler di indonesia.

# 1POCONG
Urutan pertama hantu terpopuler di indonesia di tempati oleh "POCONG", pocong adalah hantu penasaran yang konon katanya bergentayangan karena tali pocong yang tidak dilepas saat mayat dimakamkan.

Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.


Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat:


“     Lihat saja cara berjalannya. Bila berjalannya melompat-lompat, lempar saja dengan batu, pasti akan teriak-teriak.     ”


Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.(Wikipedia)

# 2. KUNTILANAK

Kuntilanak sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia, setiap kemunculan sosok ini selalu digambarkan memakai gaun panjang berwarna putih dan tatapan dingin dengan disertai wajah yang pucat pasi.Namun tampaknya kini kuntilanak tidak saja memakai gaun putih karena belakangan ini,kita digegerkan dengan penampakan kuntilanak merah di sukabumi.


Mahluk halus ini telah menjadi budaya pop dalam dunia perfilman indonesia.Sampai kini legenda kuntilanak tidak pernah diketahui berasal dari mana namun legenda ini hampir tersebar di seluruh wilayah indonesia dan legenda ini juga ditemui di malaysia.


Konon,kuntilanak adalah penjelmaan dari wanita yang meninggal karena melahirkan atau karena diperkosa. Mungkin perbedaan mengenai Sundel Bolong dan Kuntilanak adalah dalam punggungnya,yang dimana Sundel bolong adalah hantu wanita yang di punggung belakangnya memiliki lubang sedangkan kuntilanak tidak berpunggung bolong(berlubang).Perbedaan itulah yang bisa membedakan kedua mahluk halus tersebut karena jika ditinjau dalam segi penampilan,mereka berdua hampir sama memakai gaun putih panjang.(Source : Spot Misteri)

# 3. TUYUL

Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). Kemungkinan besar tuyul juga sejenis alien.(Source: Wikipedia.com)

# 4. Si Manis Jembatan Ancol

Jembatan Ancol, yang dulu bernama Jembatan goyang, lebih populer dibanding nama jembatan-jembatan lain yang lebih besar dan lebih bagus di Jakarta. Bukan karena keunikan bentuk bangunan atau ukuran Jembatan ini. melainkan karena mitos di baliknya.

Menurut cerita warga setempat, pada 1995 seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika sl pelukis baru menggambar setengah bagian tubuh.perempuan itu menghilang.

Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Sl Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah ada sejak puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 1960-an. ketika kawasan Ancol masih berupa empang-empang, konon seorang pedayung perahu pernah bertemu dengan Sl Manis. Perempuan Ini naik perahu malam-malam dan membayar pedayung tersebut dengan daun.

Siapakah Sl Manis Jembatan Ancol? Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat sekitar. Sl Manis tersebut bernama Mariyani (ada Juga yang menyebut Siti Arian), yaitu seorang gadis manis kembang desa yang dibunuh setelah lebih dulu diperkosa di kawasan jembatan Ancol dan Jasadnya dibuang begitu saja.

Karena kematiannya terjadi secara tak wajar, akhirnya Mariyani menjadi penunggu Jembatan Ancol, dan-konon-kerap kalimenampakkan diri kepada orang-orang tertentu.(Sumber : hantuhantu.com)

# 5. Suster Ngesot

tak ada yang tau secara pasti asal-usul cerita tentang hantu ini. hantu suster ngesot menjadi popuuler seiring dengan di rilisnya film yang berjudul SUSTER NGESOT.

Hantu Suster Ngesot dipercayai muncul pertama kali di RSU Cipto Mangunkusumo, Jakarta, karena di tempat inilah terakhir kali suster tersebut diyakini dalam keadaan hidup kemudian meninggal secara tidak wajar. Alkisah, seorang suster cantik yang melakukan rutinitas jaga seperti biasa di malam hari, kemudian bernasib naas karena diperkosa secara brutal oleh dokter jaga dan meninggal dunia.

Sementara mitos lain mengenai Suster Ngesot muncul dari Jawa Barat, di sebuah panti jompo bekerja seorang perawat cantik bernama Norah yang memiliki keturunan Belanda dan disinyalir memiliki ilmu gaib. Kemampuannya yang luar biasa dimanfaatkan untuk membunuh penghuni panti satu per satu karena alasan dendam masa lalu. Akhirnya, kejahatannya diketahui, dan sebagai balasan atas perilakunya, kaki perawat Norah dipukul hingga remuk dan hancur. Setelah itu, jadilah ia Suster Ngesot.

# 6. LEAK

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. (Source : id.wikipedia.org)


# 7. Genderuwo

Genderuwa (dalam pengucapan Bahasa Jawa: "Genderuwo") adalah mitos Jawa tentang sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwa dikenal paling banyak dalam masyarakat di Pulau Jawa, Indonesia. Orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa umumnya menyebutnya "gendruwo".

Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Menurut mitos, pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di daerah hutan seperti Hutan Jati Cagar Alam Danalaya, kecamatan Slogohimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo di Kulon Progo, sekitar 60 km ke barat Yogyakarta.(id.wikipedia.org)
 
Themes by bonard alfin blog - blogger templatesSupported by studio rekaman | forum audio | playstation vita